Green Canyon Kerawang – Cariu Bogor

Yup, Sengaja judulnya dibuat untuk dua kabupaten karena memang tempat wisata ini berada diperbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang. Bahkan terdapat dua pos pembelian tiket yang berdekatan, berada disisi jembatan yang hanya dipisah oleh sungai. Mungkin untuk pendapatan kas daerah yang kebetulan berbeda wilayah.

Letaknya tidak jauh dari Jakarta, jika normal hanya sekitar dua jam perjalanan baik menggunakan motor ataupun mobil. Kondisi jalan 95% bagus selebihnya kita harus berhati-hati karena dibeberapa ruas jalan sedang mengalami kerusakan, namun demikian tidak terlalu parah.

Tempat wisata yang pernah dibuka pada tahun 2014 (menurut warga setempat) ini, merupakan wisata sungai yang cocok untuk dikunjungi. Terutama bersama keluarga. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah bendungan irigasi seperti sungai lain pada umumnya, namun demikian berhubung suasananya nyaman dan airnya cukup jernih, maka itu dijadikan tempat wisata sebagai salah satu pendapatan ekonomi masyarakat setempat. Terlebih lagi kondisi alam yang indah, dimana airnya cenderung berwarna hijau dengan kedua tebing batu tinggi yang menghimpit, hingga tempat ini dinamakan dengan Green Canyon.

Mengalami keseruan mandi diantara himpitan Batu, cukup membuat kita lupa untuk pulang, meski jaraknya tidak terlalu panjang seperti green canyon yang ada di Pangandaran atau di AS. Diujung sungai terdapat air terjun, dimana kita sulit untuk mendekat, mengingat arus dari air terjun begitu kuat. Bagi anak-anak yang tidak bisa mandi diatas, bisa juga mandi dibawah aliran sungai yang lebih aman untuk diawasi

Kedalaman air di Green Canyon sekitar 4 meter, jadi bagi yang tidak bisa berenang, jika ingin merasakan sensasi green canyon, maka Matuners harus membawa baju pelampung. Tapi bagi yang tidak punya gak usah khawatir, karena dilokasi banyak disewakan baju pelampung seharga Rp. 15.000.

Selain wisata air, bagi Matuners yang ingin berkemah juga bisa, tapi harus berjalan sedikit keatas. Sepertinya belum banyak yang berkemah, mungkin karena belum banyak yang tahu tentang Area camping Green Canyon yang kebetulan kondisinya berundak, bukan seperti lapangan yang luas. Posisi kemping juga berada tidak jauh dari aliran sungai. Tetapi inilah yang membuat suasana kemping jadi sangat sensasional. Terlebih lagi sambil menikmati kopi hangat dipinggir kali atau bermain gitar dipinggir tenda yang dipenuhi oleh tingginya pepohonan.

Dilokasi wisata juga terdapat air terjun yang indah, namun butuh dua jam perjalan untuk sampai dilokasi. Dan ini cocok bagi Matuners yang hobi tracking. Sepertinya perjalanan tidak berasa lelah, mengingat disepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan alam ditengah hutan, suara burung merdu, gemercik air sungai dan desiran angin yang berhembus, bahkan sesekali kita juga dapat menjumpai warga yang sedang mencari sesuatu ke hutan.

Terkait fasilitas bagi pengunjung, yang pasti sudah cukup lengkap dan baik. Ada kantin yang banyak menyediakan berbagai makanan dan minuman, bahkan kantin juga terlihat diarea perkemahan. Selain itu ada mushola, toilet bersih, lapangan parkir yang luas, dan penduduk serta petugas yang ramah.

Biaya masuk green canyon sangat terjangkau, yakni Rp. 10.000/ orang. Untuk parkir motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000. Namun jika ingin berkemah hanya menambah biaya parkir motor sebesar Rp. 15.000 dan Mobil Rp. 25.000. Sewa baju pelampung Rp. 15.000/hari. Begitupula dengan makanan dan minuman, harganya standar seperti dirumah pada umumnya.

Ternyata bukan hanya wisata sungai, dilokasi wisata juga terdapat water park yang cukup luas dengan fasilitas kolam yang lengkap untuk biaya masuk Rp. 20.000/orang. Tiket masuk area water park berbeda dengan tiket Green Canyon. Jadi pengunjung bisa memilih, ingin berbasah ria disungai atau di waterpark. Kalo saya sih ingin menyelam dihatimu…weleh, gak nyambung

Untuk menuju kelokasi, arahkan google map ke Green Canyon Kerawang selanjutnya jika anda menggunakan kendaraan roda empat anda melewati Cibubur, Sentul, Transyogi, Cileungsi, Jonggol hingga alun – alun Cariu. Lalu masuk jalan Pahlawan atau bisa juga tanyakan pada warga setempat.

Diperjalanan Matuners juga dapat melihat pemandangan yang indah seperti persawahan dan pegunungan.

Jadi, jangan kelamaan kalo mau healing, yuk cari waktu yang tepat untu kita cus bareng.

Kalo ada yang mau touring dan kemping bareng Mata Tunas, tinggal lihat infonya di ig @Matatunas17

Salam Healing.

Satriano Alvetris

Satu pemikiran pada “Green Canyon Kerawang – Cariu Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s