Manfaat makan buah mangga

Anda suka makan buah mangga? mangga adalah buah semudim yang cukup banyak jenisnya ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. selain banyak jenisnya, cara menyajikan buah mangga juga bermacam-macam bisa dijadikan jus mangga, puding mangga, dicampur dengan bahan-bahan lainpun bisa menjadi es buah mangga atau dimakan begitu saja juga nikmat. Harga buah mangga ini juga relatif murah dan sangat terjangkau apalagi jika musimnya tiba, buah mangga akan dengan mudah kita temukan mulai dari pedagang keliling, pasar tradisional atau supermarket mangga bisa kita temui.

Rasa manis buah Mangga sangat disukai oleh banyak orang walaupun tidak jarang juga masyarakat yang menyukai Mangga muda dengan rasa yang masih masam, tidak hanya itu Mangga juga kaya akan antioksidan dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. Melansir dari buku berjudul Khasiat Makanan Mentah Raw Food Diet, mangga mengandung vitamin A, C, B1, B2, B3, dan B6.  Tidak hanya itu, buah mangga juga mengandung kalsium, natrium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, mangan, selenium, dan tembaga. 

Manfaat buah Mangga

Beruntunglah kita yang tinggal di daerah yang dapat dengan mudah mendapatkan buah Mangga ini, apalagi jika kita bisa menyantapnya setiap hari karena Mangga menyimpan banyak manfaat, yaitu :

  1. Meredakan Radang sendi. Buah mangga dipercaya mampu meredakan radang sendi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Manchester menyatakan antioksidan yang berasal dari buah-buahan berwarna kuning, seperti karotenoid beta, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan vitamin C mempunyai hubungan dengan menurunnya risiko radang sendi. 
  2. Ingin berat badan ideal? nah masukkan buah mangga dalam daftar makanan diet anda karena mangga mengandung zat yang berfungsi untuk menghilangkan lemak alami.
  3. Mencegah stroke  Buah mangga kaya akan kandungan kalium. Dalam 100 gram mangga terdapat sekitar 189 mg kalium.  Kalium bermanfaat menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko stroke.
  4. Mencegah kanker  Buah mangga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko kanker. 
  5. Melancarkan pencernaan  Buah mangga cocok untuk Anda yang sering menderita masalah pencernaan seperti sembelit.  Sebab, kadungan vitamin C dan serat dalam buah mangga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. 
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh  Melansir dari buku berjudul Terapi Jus Untuk Rematik & Asam Urat, kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 
  7. Mencegah diabetes  Melansir dari Kompas.com, makan buah mangga dibekukan terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita obesitas. 
  8. Kesehatan jantung  Buah mangga juga mengandung kalium yang berperan untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga pembuluh arteri jantung tetap sehat.  Bagaimana Anda tertarik untuk rutin makan buah mangga mulai sekarang?
  9. Untuk ibu hamil, mangga dapat membantu mencegah anemia akibat kekurangan sel darah merah.
  10. Mangga mempunyai sifal alkali yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Efek Samping Buah Mangga 

Anda juga perlu tahu efek samping memakan buah mangga, tentunya jika anda memakannya dalam porsi yang besar, efek samping terlalu banyak memakan buah mangga adalah iritasi pada tenggorokan lantaran terkena serat mangga selain itu masalah perut kembung juga bisa terjadi jika anda memakan buah mangga dalam jumlah yang berlebihan.

Nah sekarang anda sudah mengetahui manfaat dan efek samping buah mangga jadi jika ada lahan yang cukup kenapa tidak kita menanam pohon mangga, selain membuat halaman lebih teduh kita juga bisa makan buah mangga dengan gratis hehehe..

Salam sehat selalu dari saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s